Selasa, April 19, 2011

PELUMASAN ...4TAK ...GEAR BOX....

PELUMASAN 4 TAK

   Pelumasan 4 tak pada umumnya akan di pompa oleh pompa oli untuk melumasi bagian kruk as, silinder dan kepala silinder dan gear box.
   Yang perlu di perhatikan dalam hal pelumasan adalah komponen gigi pemutar pomp oli dan saluran-saluran oli. jika ada komponen yang aus atau salurannya tersumbat, maka oli tidak dapat bersirkulasi dengan baik, akibatnya tidak ada proses pelumasan dan halitu fatal sekali pada mesin itu sendiri.
   Contohnya jika piston tidak terlumasi dengan oli saat piston bekerja, akan berakibat piston tersebut macet dan mesin akan cepat hancur..

NB:panasi mesin sekurang-kurangnya 3menit setiap kali memulai pemakainan. agar pelumas merata di seluruh bagian mesin.

MESIN 2 TAK

Di sebut mesin 2 tak karena memerlukan dua kali kerja untuk melakukan satu usaha atau satu kali putaran kruk as.
SIKLUS KERJA MESIN 2TAK

  1. Piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas)
    Saat piston bergerak dari TMB menuju ke TMA, terjadi langkah hisap & kompresi, dimana saat piston bergerak ke atas, maka bagian carter akan terjadi ke vakuman sehingga bahan bakar akan tersedot masuk ke ruang carter dan pada saat piston bergerak menutupi lubang buang, terjadilah langkah kompresi pembakaran (skunder).

  1. Piston bergerak dari TMA ke TMB
   Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, terjadi langkah usaha & langkah buang. hasil dari kompresi sekunder akan mendorong piston bergerak ke bawah dan terjadilah langkah usaha. setelah lubang buang terbuka maka terjadilah pembuangan gas sisa pembakaran melalui knalpaot.
   Semakin piston turun ke bawah, maka di ruang karter akan terjadi kompresi carter(primer), yang akan mendorong bahan bakar di ruang carter keluar ke bagiang depan piston melalui lubang transfer. bahan bakar yang keluar dari lubang transfer itu nantinya akan di kompresi untuk menghasilkan tenaga lagi..
begitulah seterusnya.