Selasa, April 19, 2011

MESIN 2 TAK

Di sebut mesin 2 tak karena memerlukan dua kali kerja untuk melakukan satu usaha atau satu kali putaran kruk as.
SIKLUS KERJA MESIN 2TAK

  1. Piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas)
    Saat piston bergerak dari TMB menuju ke TMA, terjadi langkah hisap & kompresi, dimana saat piston bergerak ke atas, maka bagian carter akan terjadi ke vakuman sehingga bahan bakar akan tersedot masuk ke ruang carter dan pada saat piston bergerak menutupi lubang buang, terjadilah langkah kompresi pembakaran (skunder).

  1. Piston bergerak dari TMA ke TMB
   Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, terjadi langkah usaha & langkah buang. hasil dari kompresi sekunder akan mendorong piston bergerak ke bawah dan terjadilah langkah usaha. setelah lubang buang terbuka maka terjadilah pembuangan gas sisa pembakaran melalui knalpaot.
   Semakin piston turun ke bawah, maka di ruang karter akan terjadi kompresi carter(primer), yang akan mendorong bahan bakar di ruang carter keluar ke bagiang depan piston melalui lubang transfer. bahan bakar yang keluar dari lubang transfer itu nantinya akan di kompresi untuk menghasilkan tenaga lagi..
begitulah seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar