SIKLUS KERJA MESIN 4TAK
a. Langkah hisap
> Piston bergerak dari titik mati atas(TMA) ke titik mati bawa(TMB)
> Klep hisab tebuka
> Campuran bahan bakar dan udara akan masuk dari karburator ke ruang pembakaran
b. Langah kompresi
> piston bergerak dari TMB ke TMA
> klep hisap dan klep buang tertutup
> bahan bakar akan di kompresi/di padatkan di ruang bakar dan sebelum pistin mencapai TMA (10 - 15 derajat), busi memercikan api sehingga timbul pembakaran
c. langkah usaha atau kerja
> karena dorongan pembakaran piston bergerak dari TMA menuju TMB
> klep hisap dan klep buang tertutup
> gerakan piston tersebut digunakan untuk memutar kruk as guna menggerakkan mesin
d. langkah buang
> Piston bergerak dari TMB ke TMA
> klep buang terbuka
> sisa pembakaran akan terbuang melalui knalpot
a. Langkah hisap
> Piston bergerak dari titik mati atas(TMA) ke titik mati bawa(TMB)
> Klep hisab tebuka
> Campuran bahan bakar dan udara akan masuk dari karburator ke ruang pembakaran
b. Langah kompresi
> piston bergerak dari TMB ke TMA
> klep hisap dan klep buang tertutup
> bahan bakar akan di kompresi/di padatkan di ruang bakar dan sebelum pistin mencapai TMA (10 - 15 derajat), busi memercikan api sehingga timbul pembakaran
c. langkah usaha atau kerja
> karena dorongan pembakaran piston bergerak dari TMA menuju TMB
> klep hisap dan klep buang tertutup
> gerakan piston tersebut digunakan untuk memutar kruk as guna menggerakkan mesin
d. langkah buang
> Piston bergerak dari TMB ke TMA
> klep buang terbuka
> sisa pembakaran akan terbuang melalui knalpot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar